Sabtu, 03 Januari 2015

SOAL MATERI PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

Nama Mata Kuliah   : Pendidikan Seumur Hidup
SKS                         :                                                     
Semester/Tahun      : 1/2014
Prodi/Jurusan          : Pendidikan Luar Sekolah
Pengampu               : Dr. Khomsun Nurhalaim
Hari/Tanggal            :
Waktu                      :

SOAL
1.       Mengapa pada pembaharuan pendidikan lebih menenkankan ke tujuan pendidikan untuk menghadapi perubahan?
2.       Mengapa pada anak-anak di perlukan memperoleh pengetahuan tidak hanya fakta-fakta yang ada dalam masyarakat, tetapi juga diri mereka dan orang lain beserta kebudayaannya?
3.       Bagaimana cara pembelajaran yang baik pada orang dewasa yang menyukai pembelajaran praktis dan berpusat pada masalah?
4.       Mengapa pada pendidikan juga harus mengembangkan individu dilengkapi secara psikologis?
5.       Bagaimana sistem pendidikan yang dikehendaki masyarakat?
6.       Bagaimana konsep pendidikan seumur hidup diterima?
7.       Bagaimana tujuan pokok dalam pendidikan  pra-sekolah?
8.       Apa yang dapat disimpulkan dari pernyataan stephens mengenai belajar mengajar dan kaitannya dengan pendidikan sepanjang hayat?
9.       Mengapa pertimbangan ekonomi merupakan hal yang menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan?
10.   Mengapa peranan teknologi juga berpengaruh dengan pendidikan seumur hidup?
11.   Mengapa dalam konsep belajar terdapat faktor yaitu kecocokan input dengan tingkat perkembangan yang ada?
12.   Bagaimana keterkaitan sekolah dengan pendidikan seumur hidup?
13.   Bagaimana implikasi pendidikan seumur hidup pada orang dewasa?
14.   Mengapa inteligensi juga merupakan faktor yang memepengaruhi perkembangan individu?
15.   Mengapa sistem formal pendidikan seumur hidup perlu untuk di struktur
16.   Bagaimana langkah yang harus dilakukan sehubungan dengan perkembangan pribadi kurikulum sekolah dalam kerangka pendidikan seumur hidup?
17.   Mengapa psikologi berpendapat bahwa pengalaman pada anak pra-sekolah merupakan dasar  penting bagi belajar yang akan datang?
18.   Bagaimana kurikulum pada PSH yang perlu dikembangkan untuk hidup?
19.   Bagaimana peranan guru dalam pendidikan seumur hidup?
20.   Mengapa guru dikonsepsikan sebagai ahli diagnosisi pendidikan?
21.   Mengapa orang tua, teman kerja, teman sebaya sering tidak dikenal sebagai guru?
22.   Mengapa corak kognitif sangat berpengaruh terhadap seorang guru?
23.   Mengapa dalam 10  prinsip dasar pertumbuhan yang diungkapkan Sutterly Donnely (1973) terdapat point bahwa pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa kritis?
24.   Mengapa gaya belajar mempengaruhi pengalaman belajar?
25.   Mengapa dalam proses belajar mengjar guru harus bisa menyampaikan materi dengan meode dengan baik?
26.   Apa pengaruh motivasi pada pelajar seumur hidup?
27.   Bagaimana hubungan antara keterampilan kognitif denga kesempatan?
28.   Berapa lama plasilitas berlangsung pada manusia
29.   Bagaimana maksud dari fase operasi kongkrit yang dikemukakan oleh  J. Piaget?
30.   Mengapa interelasi inteligensi  dan bahasa  mempunyai kaitan yang sangat erat sekali?
31.   Mengapa guru dikonsepsikan sebagai tenaga ahli dalam mendiagnosis pendidikan?
32.   Apa saja dimensi yang diterapkan dalam kurikulum dari konsep PSH?
33.   Bagaimana tujuan kurikulum yang harus dispesifikasi kan?
34.   Mengapa konteks sosial dan budaya berpengaruh bagi pendiidikan seumur hidup?
35.   Apa maksud pernyataan perangkat dari PSH merupakan sesuatu yang bersifat eklitik dan inklutif?
36.   Bagaimana fungsi praktikum pada proses pendidikan?

















Jawaban :
1.       Karena perlu peningkatan penekanan bahwa pendidikan bertugas mempersiapkan anak-anak masa kini untuk menghadapi masa depan, juga sistem pendidikan hendaknya diorganisir agar dapat menemukan kebutuhan masa kini yang cocok dengan kebutuhan ketika mereka dewasa.

2.       Karena mereka harus mampu mengorganisir, menyimpan dan mengingat informasi, mempergunakan logika, perhitungan, dan berkomunikasi dengan orang lain.

3.       Dapat digunakan pembelajaran kolaboratif dan kooperatif dan pemecahan masalah otentik, dengan memberikan contoh-contoh nyata, cerita dan overview untuk mengaitkan teori dengan praktek. Berikan mereka untuk menerapkan informasi baru.

4.       Karena perubahan-perubahan yang akan terjadi di masa mendatang, dikhawatirkan akan menyebabkan ketidakstabilan personal dan emosional. Pendidikan mempunyai peranan untuk membantu seseorang menjadi individu yang kuat dan mampu mengatasi masalah yang dihadapi

5         Sistem pendidikan hendaknya memajukan persamaan hasil akhir bukan sekedar persamaan teoritis dalam memperoleh fasilitas, bagi semua golongan dalam masyarakat dan juga bagi masyarakat yang berbeda tingkat kemakmuran dan teknologinya

6         Konsep pendidikan seumur hidup diterima sebagai  prinsip utama sebagai dasar dari seluruh organisasi pendidikan, yaitu prinsip memerlukan dan disamping itu yang lebih penting bagaimana mereka mempergunakannya.

7         Tujuan pada pendidikan pra-sekolah yaitu menyediakan stimulasi, memperkuat kesadaran identitas, dan menyediakan pengalaman sosialisasi dan merupakan fase pertama dari pendidikan seumur hidup.

8         Menurut stephen (1967) belajar mengajar adalah peristiwa yang terjadi pada manusia secara terus-menerus yang berlangsung dengan cara spontan, bahkan tanpa disadari pada saat melakukannya, jadi belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.


9         Karena biaya pendidikan tampaknya mendekati puncak dimana masyarakat tidak mampu lagi membiayai lebih jauh

10     Karena pertumbuhan teknologi juga menyebabkan meningkatnya persediaan informasi, merubah sifat-sifat pekerjaan, meningkatkan urbanisasi dan waktu luang.


11     Karena pada proses belajar mengajar harus mengikuti pola perkembangan pendidikan yang ada di dalam masyarakat.

12     Salah satu tujuan pendidikan seumur hidup yaitu memodifikasi persekolahan untuk membentuk dan memengaruhi jenis belajar yang terjadi seumur hidup


13     Orang dewasa mampu belajar seperti disekolah dengan kondisi instruksional yang tepat, fungsi inteligensi secara kualitatif berbeda karena perbedaan usia, kesempatan belajar harus dipolakan sesuai dengan perubahan-perubahan kemampuan intelektual.

14     Karena inteligensi merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan untuk belajar, atau pun untuk berfikir abstrak. Jadi perkembangan individu dipengaruhi inteligensi pada diri seseorang bagaimana cara dia mengatasi masalah, cara berfikir.


15     Mengapa sistem formal pendidikan seumur hidup perlu untuk di struktur?Karena dalam PSH tidak hanya kebutuhan kognitif orang-orang yang dimasukkan dalam sistem, tapi juga kebutuhan dalam bidang motivasi dan sosio afektif mereka.

16     Bagaimana langkah yang harus dilakukan sehubungan dengan perkembangan pribadi kurikulum sekolah dalam kerangka pendidikan seumur hidup?Yaitu dengan mengembangkan siswa agar peka terhadap problem dan memiliki keterampilan inovatif .


17     Mengapa psikologi berpendapat bahwa pengalaman pada anak pra-sekolah merupakan dasar  penting bagi belajar yang akan datang?Karena, menurutnya pada tiga tahun pertama dalam kehidupan anak perlu pengalaman-pengalaman yang dapat memajukan perkembangan kognitif dan psikhososial

18     Bagaimana kurikulum pada PSH yang perlu dikembangkan untuk hidup?Kurikulum ini harus menekankan pada pendidikan yang tidak hanya pengetahuan intelektual, tetapi pada segala sesuatu yang dapat memajukan minat dan kebutuhan.


19     Bagaimana peranan guru dalam pendidikan seumur hidup?Guru berperan sebagai pembimbing dan mengoordinir belajar bukan sebagai pemberi fakta-fakta. Guru hendaknya membantu setiap murid mendiaknosis kebutuhan belajar masing-masing, menetapkan sumber belajar yang memadai dan menentukan tujuan yang ingin dicapai.

20     Mengapa guru dikonsepsikan sebagai ahli diagnosisi pendidikan?Karena diasumsikan bahwa mereka mampu memberikan balikan yang tepat kepada murid-muridnya mengenai kemampuan mereka. Sejauh man aspirasi mereka telah diwujudkan dan sebagainya.


21     Mengapa orang tua, teman kerja, teman sebaya sering tidak dikenal sebagai guru?Karena, mereka adalah orang orang terdekat yang mengajari arti pentingnya kehidupan secara tidak langsung namun tersirat, mereka tidak ada fungsi dalam pendidikan formal nya

22     Mengapa corak kognitif sangat berpengaruh terhadap seorang guru?Karena jika guru tersebut memiliki corak kognitif yang salah, anak pun tidak dapat menerima konsep manusia itu berbeda-beda, dapat dilihat melalui intelektual, emosi dan spiritual. Jadi cara guru untuk menangani anak pun berbeda-beda.


23     Bagaimana maksud dari fase operasi kongkrit yang dikemukakan oleh  J. Piaget? Perkembangan intelektual anak pada fase ini artinya dalam menghadapi suatu masalah ia tidak perlu memecahkannya dengan percobaan dan perbuatan yang nyata, ia telah dapat melakukannya dalam fikirannya

24     Mengapa interelasi inteligensi  dan bahasa  mempunyai kaitan yang sangat erat sekali? Karena, pengaruh yang besar percakapan memungkinkan perkembangan intensif proses kognitif yang dapat dilihat pada manusia.


25     Mengapa dalam 10  prinsip dasar pertumbuhan yang diungkapkan Sutterly Donnely (1973) terdapat point bahwa pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa kritis? Karena dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, diperlukan rangsangan/stimulasi yang berguna hingga potensi  berkembang.sehingga perlu mendapat perhatian. Perkembangan psikososial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dan orang tuanya/ orang dewasa lainnya.

26     Mengapa gaya belajar mempengaruhi pengalaman belajar?Karena gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan disekolah dalam situasi situasi pribadi.


27     Mengapa dalam proses belajar mengjar guru harus bisa menyampaikan materi dengan meode dengan baik? Guru hendaknya harus mampu menyampaikan materi dan informasi dengan menggunakan berbagai metode agar setiap anak dapat menyerap dan memahaminya untuk kemudian digunakan pada saat diperlukan.

28     Apa pengaruh motivasi pada pelajar seumur hidup? Pelajar seumur hidup adalah seseorang yang mengembangkan kemampuan untuk dapat dimotivasi secara positif oleh kebutuhan agar lebih banyak.motivasi positif itu dapat dilihat pada tingkat urutan usia dalam diri individu tertentu.


29     Bagaimana hubgan antara keterampilan kognitif denga kesempatan? Ketermapilan kognitif seseorang tidak akan berkembang dengan baik jika tidak ada kesempatan untuk mengembangkannya.

30     Berapa lama plasilitas berlangsung pada manusia? Plasilitas berlangsung seumur hidup, tetap ada bahkan sampai tua rentan.


31     Mengapa guru dikonsepsikan sebagai tenaga ahli dalam mendiagnosis pendidikan?Karena guru akan dapat memberikan kepada murid-murid umpan balik yang cermay berkenaan dengan kemampuan mereka, tingkat aspirasi yang dianggap realistis.

32     Apa saja dimensi yang diterapkan dalam kurikulum dari konsep PSH? Fungsi kogn itif, sistem motivasi, dan variable sosio afektif.


33     Bagaimana tujuan kurikulum yang harus dispesifikasi kan?Tujuan kurikulum khusus harus di spesifikasikan sebagai sesuatu yang berkenaan dengan usaha membantu integrasi horisontal fungsi kognitif melalui jenis aktivitas murid yang terlibat.

34     Mengapa konteks sosial dan budaya berpengaruh bagi pendiidikan seumur hidup?PSH merupakan suatu prinsip yang mendorong pendidikan mendatang. Dengan adanya kemanjuan teknologi dan ilmu pengetahuan diharapkan suatu masyarakat dapat menyesuaikan diri/beradaptasi. Sebab lingkungan sosial mengkondinisikan pertumbuhan kejiwaan dan kepribadian.

35     Apa maksud pernyataan perangkat dari PSH merupakan sesuatu yang bersifat eklitik dan inklutif?Yaitu pendidikan yang beroperasi dalam masyarakat harus bersifat fleksibel.


Bagaimana fungsi praktikum pada proses pendidikan?Praktikum pada proses pendidikan dapat menjadikan individu memiliki motivasi dalam hal penyiapan keterampilan yang tersedia dan diperlukan, maka dari itu diperlukannya proses belajar yang terjadi terus menerus

1 komentar:

 

it's called dream Template by Ipietoon Cute Blog Design