Nama Mata Kuliah
: Pendidikan Seumur Hidup
SKS :
Semester/Tahun : 1/2014
Prodi/Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Pengampu : Dr. Khomsun Nurhalaim
Hari/Tanggal :
Waktu :
SOAL
1. Mengapa
pada pembaharuan pendidikan lebih menenkankan ke tujuan pendidikan untuk
menghadapi perubahan?
2. Mengapa
pada anak-anak di perlukan memperoleh pengetahuan tidak hanya fakta-fakta yang
ada dalam masyarakat, tetapi juga diri mereka dan orang lain beserta
kebudayaannya?
3. Bagaimana
cara pembelajaran yang baik pada orang dewasa yang menyukai pembelajaran
praktis dan berpusat pada masalah?
4. Mengapa
pada pendidikan juga harus mengembangkan individu dilengkapi secara psikologis?
5. Bagaimana
sistem pendidikan yang dikehendaki masyarakat?
6. Bagaimana
konsep pendidikan seumur hidup diterima?
7. Bagaimana
tujuan pokok dalam pendidikan
pra-sekolah?
8. Apa
yang dapat disimpulkan dari pernyataan stephens mengenai belajar mengajar dan
kaitannya dengan pendidikan sepanjang hayat?
9. Mengapa
pertimbangan ekonomi merupakan hal yang menjadi permasalahan dalam dunia
pendidikan?
10. Mengapa
peranan teknologi juga berpengaruh dengan pendidikan seumur hidup?
11. Mengapa
dalam konsep belajar terdapat faktor yaitu kecocokan input dengan tingkat
perkembangan yang ada?
12. Bagaimana
keterkaitan sekolah dengan pendidikan seumur hidup?
13. Bagaimana
implikasi pendidikan seumur hidup pada orang dewasa?
14. Mengapa
inteligensi juga merupakan faktor yang memepengaruhi perkembangan individu?
15. Mengapa
sistem formal pendidikan seumur hidup perlu untuk di struktur
16.
Bagaimana langkah yang harus dilakukan
sehubungan dengan perkembangan pribadi kurikulum sekolah dalam kerangka
pendidikan seumur hidup?
17.
Mengapa psikologi berpendapat bahwa pengalaman
pada anak pra-sekolah merupakan dasar
penting bagi belajar yang akan datang?
18.
Bagaimana kurikulum pada PSH yang perlu
dikembangkan untuk hidup?
19.
Bagaimana peranan guru dalam pendidikan seumur
hidup?
20.
Mengapa guru dikonsepsikan sebagai ahli
diagnosisi pendidikan?
21.
Mengapa orang tua, teman kerja, teman sebaya
sering tidak dikenal sebagai guru?
22.
Mengapa corak kognitif sangat berpengaruh
terhadap seorang guru?
23.
Mengapa dalam 10
prinsip dasar pertumbuhan yang diungkapkan Sutterly Donnely (1973)
terdapat point bahwa pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa
kritis?
24.
Mengapa gaya belajar mempengaruhi pengalaman
belajar?
25.
Mengapa dalam proses belajar mengjar guru harus
bisa menyampaikan materi dengan meode dengan baik?
26.
Apa pengaruh motivasi pada pelajar seumur hidup?
27.
Bagaimana hubungan antara keterampilan kognitif
denga kesempatan?
28.
Berapa lama plasilitas berlangsung pada manusia
29.
Bagaimana maksud dari fase operasi kongkrit yang
dikemukakan oleh J. Piaget?
30.
Mengapa interelasi inteligensi dan bahasa
mempunyai kaitan yang sangat erat sekali?
31.
Mengapa guru dikonsepsikan sebagai tenaga ahli
dalam mendiagnosis pendidikan?
32.
Apa saja dimensi yang diterapkan dalam kurikulum
dari konsep PSH?
33.
Bagaimana tujuan kurikulum yang harus
dispesifikasi kan?
34.
Mengapa konteks sosial dan budaya berpengaruh
bagi pendiidikan seumur hidup?
35.
Apa maksud pernyataan perangkat dari PSH
merupakan sesuatu yang bersifat eklitik dan inklutif?
36.
Bagaimana fungsi praktikum pada proses
pendidikan?
Jawaban :
1. Karena
perlu peningkatan penekanan bahwa pendidikan bertugas mempersiapkan anak-anak
masa kini untuk menghadapi masa depan, juga sistem pendidikan hendaknya
diorganisir agar dapat menemukan kebutuhan masa kini yang cocok dengan kebutuhan
ketika mereka dewasa.
2. Karena
mereka harus mampu mengorganisir, menyimpan dan mengingat informasi,
mempergunakan logika, perhitungan, dan berkomunikasi dengan orang lain.
3. Dapat
digunakan pembelajaran kolaboratif dan kooperatif dan pemecahan masalah otentik,
dengan memberikan contoh-contoh nyata, cerita dan overview untuk mengaitkan
teori dengan praktek. Berikan mereka untuk menerapkan informasi baru.
4. Karena
perubahan-perubahan yang akan terjadi di masa mendatang, dikhawatirkan akan
menyebabkan ketidakstabilan personal dan emosional. Pendidikan mempunyai
peranan untuk membantu seseorang menjadi individu yang kuat dan mampu mengatasi
masalah yang dihadapi
5
Sistem pendidikan hendaknya memajukan persamaan
hasil akhir bukan sekedar persamaan teoritis dalam memperoleh fasilitas, bagi
semua golongan dalam masyarakat dan juga bagi masyarakat yang berbeda tingkat
kemakmuran dan teknologinya
6
Konsep pendidikan seumur hidup diterima
sebagai prinsip utama sebagai dasar dari
seluruh organisasi pendidikan, yaitu prinsip memerlukan dan disamping itu yang
lebih penting bagaimana mereka mempergunakannya.
7
Tujuan pada pendidikan pra-sekolah yaitu
menyediakan stimulasi, memperkuat kesadaran identitas, dan menyediakan
pengalaman sosialisasi dan merupakan fase pertama dari pendidikan seumur hidup.
8
Menurut stephen (1967) belajar mengajar adalah
peristiwa yang terjadi pada manusia secara terus-menerus yang berlangsung
dengan cara spontan, bahkan tanpa disadari pada saat melakukannya, jadi belajar
mengajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.
9
Karena biaya pendidikan tampaknya mendekati
puncak dimana masyarakat tidak mampu lagi membiayai lebih jauh
10 Karena
pertumbuhan teknologi juga menyebabkan meningkatnya persediaan informasi,
merubah sifat-sifat pekerjaan, meningkatkan urbanisasi dan waktu luang.
11 Karena
pada proses belajar mengajar harus mengikuti pola perkembangan pendidikan yang
ada di dalam masyarakat.
12 Salah
satu tujuan pendidikan seumur hidup yaitu memodifikasi persekolahan untuk membentuk
dan memengaruhi jenis belajar yang terjadi seumur hidup
13 Orang
dewasa mampu belajar seperti disekolah dengan kondisi instruksional yang tepat,
fungsi inteligensi secara kualitatif berbeda karena perbedaan usia, kesempatan
belajar harus dipolakan sesuai dengan perubahan-perubahan kemampuan
intelektual.
14 Karena
inteligensi merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan untuk
belajar, atau pun untuk berfikir abstrak. Jadi perkembangan individu
dipengaruhi inteligensi pada diri seseorang bagaimana cara dia mengatasi
masalah, cara berfikir.
15 Mengapa
sistem formal pendidikan seumur hidup perlu untuk di struktur?Karena dalam PSH
tidak hanya kebutuhan kognitif orang-orang yang dimasukkan dalam sistem, tapi
juga kebutuhan dalam bidang motivasi dan sosio afektif mereka.
16
Bagaimana langkah yang harus dilakukan
sehubungan dengan perkembangan pribadi kurikulum sekolah dalam kerangka
pendidikan seumur hidup?Yaitu dengan mengembangkan siswa agar peka terhadap
problem dan memiliki keterampilan inovatif .
17
Mengapa psikologi berpendapat bahwa pengalaman
pada anak pra-sekolah merupakan dasar
penting bagi belajar yang akan datang?Karena, menurutnya pada tiga tahun
pertama dalam kehidupan anak perlu pengalaman-pengalaman yang dapat memajukan
perkembangan kognitif dan psikhososial
18
Bagaimana kurikulum pada PSH yang perlu
dikembangkan untuk hidup?Kurikulum ini harus menekankan pada pendidikan yang
tidak hanya pengetahuan intelektual, tetapi pada segala sesuatu yang dapat
memajukan minat dan kebutuhan.
19
Bagaimana peranan guru dalam pendidikan seumur
hidup?Guru berperan sebagai pembimbing dan mengoordinir belajar bukan sebagai
pemberi fakta-fakta. Guru hendaknya membantu setiap murid mendiaknosis
kebutuhan belajar masing-masing, menetapkan sumber belajar yang memadai dan
menentukan tujuan yang ingin dicapai.
20
Mengapa guru dikonsepsikan sebagai ahli
diagnosisi pendidikan?Karena diasumsikan bahwa mereka mampu memberikan balikan
yang tepat kepada murid-muridnya mengenai kemampuan mereka. Sejauh man aspirasi
mereka telah diwujudkan dan sebagainya.
21
Mengapa orang tua, teman kerja, teman sebaya
sering tidak dikenal sebagai guru?Karena, mereka adalah orang orang terdekat
yang mengajari arti pentingnya kehidupan secara tidak langsung namun tersirat,
mereka tidak ada fungsi dalam pendidikan formal nya
22
Mengapa corak kognitif sangat berpengaruh
terhadap seorang guru?Karena jika guru tersebut memiliki corak kognitif yang
salah, anak pun tidak dapat menerima konsep manusia itu berbeda-beda, dapat
dilihat melalui intelektual, emosi dan spiritual. Jadi cara guru untuk
menangani anak pun berbeda-beda.
23
Bagaimana maksud dari fase operasi kongkrit yang
dikemukakan oleh J. Piaget? Perkembangan
intelektual anak pada fase ini artinya dalam menghadapi suatu masalah ia tidak
perlu memecahkannya dengan percobaan dan perbuatan yang nyata, ia telah dapat
melakukannya dalam fikirannya
24
Mengapa interelasi inteligensi dan bahasa
mempunyai kaitan yang sangat erat sekali? Karena, pengaruh yang besar
percakapan memungkinkan perkembangan intensif proses kognitif yang dapat
dilihat pada manusia.
25
Mengapa dalam 10
prinsip dasar pertumbuhan yang diungkapkan Sutterly Donnely (1973)
terdapat point bahwa pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa
kritis? Karena dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, diperlukan
rangsangan/stimulasi yang berguna hingga potensi berkembang.sehingga perlu mendapat perhatian.
Perkembangan psikososial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara
anak dan orang tuanya/ orang dewasa lainnya.
26
Mengapa gaya belajar mempengaruhi pengalaman
belajar?Karena gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam
pekerjaan disekolah dalam situasi situasi pribadi.
27
Mengapa dalam proses belajar mengjar guru harus
bisa menyampaikan materi dengan meode dengan baik? Guru hendaknya harus mampu
menyampaikan materi dan informasi dengan menggunakan berbagai metode agar
setiap anak dapat menyerap dan memahaminya untuk kemudian digunakan pada saat
diperlukan.
28
Apa pengaruh motivasi pada pelajar seumur hidup?
Pelajar seumur hidup adalah seseorang yang mengembangkan kemampuan untuk dapat
dimotivasi secara positif oleh kebutuhan agar lebih banyak.motivasi positif itu
dapat dilihat pada tingkat urutan usia dalam diri individu tertentu.
29
Bagaimana hubgan antara keterampilan kognitif
denga kesempatan? Ketermapilan kognitif seseorang tidak akan berkembang dengan
baik jika tidak ada kesempatan untuk mengembangkannya.
30
Berapa lama plasilitas berlangsung pada manusia?
Plasilitas berlangsung seumur hidup, tetap ada bahkan sampai tua rentan.
31
Mengapa guru dikonsepsikan sebagai tenaga ahli
dalam mendiagnosis pendidikan?Karena guru akan dapat memberikan kepada
murid-murid umpan balik yang cermay berkenaan dengan kemampuan mereka, tingkat
aspirasi yang dianggap realistis.
32
Apa saja dimensi yang diterapkan dalam kurikulum
dari konsep PSH? Fungsi kogn itif, sistem motivasi, dan variable sosio afektif.
33
Bagaimana tujuan kurikulum yang harus
dispesifikasi kan?Tujuan kurikulum khusus harus di spesifikasikan sebagai
sesuatu yang berkenaan dengan usaha membantu integrasi horisontal fungsi
kognitif melalui jenis aktivitas murid yang terlibat.
34
Mengapa konteks sosial dan budaya berpengaruh
bagi pendiidikan seumur hidup?PSH merupakan suatu prinsip yang mendorong
pendidikan mendatang. Dengan adanya kemanjuan teknologi dan ilmu pengetahuan
diharapkan suatu masyarakat dapat menyesuaikan diri/beradaptasi. Sebab
lingkungan sosial mengkondinisikan pertumbuhan kejiwaan dan kepribadian.
35
Apa maksud pernyataan perangkat dari PSH
merupakan sesuatu yang bersifat eklitik dan inklutif?Yaitu pendidikan yang
beroperasi dalam masyarakat harus bersifat fleksibel.
apakah ada soal uas bentuk essay
BalasHapus